RENCANA PELAKSANAAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Oleh:
MALIK
IBRAHIM, S.Pd.
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA
SMP
NEGERI 1 CIKELET
KABUPATEN
GARUT
2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 CIKELET
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Interaksi Sosial Dan Lembaga Sosial
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
K.I.
|
1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
K.I.
|
2.
|
Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
K.I.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
K.I.
|
4.
|
Mencoba
mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.
|
B. Kompetensi Dasar (KD)
KD
|
3.2
|
Menganalisis
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya.
|
KD
|
4.2.
|
Menyajikan
hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai
dan norma, serta
kelembagaan sosial budaya.
|
C. Indikator pencapaian kompetisi
1.
menjelaskan pengertian interaksi sosial
2.
menyebutkan 2 syarat interaksi sosial
3.
menyebutkan 4 faktor terjadinya proses
interaksi sosial
4.
menyebutkan 4 ciri-ciri interaksi sosial
5.
menyebutkan 3 jenis aturan interaksi
sosial
6.
menyajikan hasil diskusi dalam bentuk
mengisi LKS yang telah disediakan,
megenai interaksi sosial.
7.
mempresentasikan hasil diskusi.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan,
peserta
didik
diharapkan
dapat :
1.
menjelaskan pengertian interaksi sosial
dengan tepat
2.
menyebutkan 2 syarat interaksi sosial
dengan tepat
3.
menyebutkan 4 faktor terjadinya proses
interaksi sosial dengan tepat
4.
menyebutkan 4 ciri-ciri interaksi sosial
dengan tepat
5.
menyebutkan 3 jenis aturan interaksi
sosial dengan tepat
6.
menyajikan hasil diskusi dalam bentuk
mengisi LKS yang telah disediakan,
megenai interaksi sosial dengan lengkap
7.
mempresentasikan hasil diskusi dengan
cermat
E.
Materi Pembelajaran
Uraian
materi dibawah ini terlampir (lampiran 1):
1.
Interaksi Sosial
a.
Pengertian Interaksi Sosial
b.
Syarat Interaksi Sosial
c.
Faktor terjadinya proses interaksi sosial
d.
Ciri-ciri interaksi sosial
e.
Jenis aturan interaksi sosial
F. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode :
Cooperative Learning
3.
Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
G. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media:
v Gambar tentang contoh interaksi sosial
2.
Alat/Bahan:
v LCD Proyektor dan Komputer serta tayangan slide Power point (ppt) yang
telah disiapkan
3.
Sumber Belajar:
v Buku Siswa IPS kelas VII, Buku
IPS lain yang relevan, internet, narasumber,
lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan.
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan (15 menit)
1.
Peserta didik bersama guru menyampaikan
salam dan berdoa.
2.
Peserta didik bersama guru mengondisikan
kelas.
3.
Guru memberi motivasi kepada peserta
didik.
4.
Guru menanyakan tentang materi
pembelajaran berkaitan dengan pengertian dan syarat interaksi sosial, misalnya
: Apakah kamu pernah memperhatikan lingkungan di sekitarmu? Adakah orang yang
dapat hidup sendiri tanpa berhubungan dengan orang lain?
5.
Peserta didik menerima informasi tentang
topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
b. Kegiatan Inti
1.
Mengamati (15 menit)
a.
Peserta didik diminta mengamati tentang
contoh gambar berkaitan dengan interaksi sosial yang disediakan oleh guru. Guru dapat
menunjukkan gambar interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat di sekitar.
b.
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap
gambar, peserta didik beserta teman satu meja diminta untuk mendiskusikan
tentang hal- hal yang ingin diketahui.
c.
Peserta didik diajak untuk menyeleksi
apakah hal-hal yang ingin diketahui telah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
d.
Guru menuliskan hal-hal yang ingin
diketahui peserta didik di depan kelas.
e.
Apabila hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan yang telah dituangkan, belum semuanya mencakup tujuan
pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan
pembelajaran.
2.
Menanya (10 menit)
a.
Peserta didik diminta membentuk kelompok
dengan anggota 5 – 6 siswa
b.
Peserta didik mendiskusikan LK dengan
kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui.
3.
Mengumpulkan informasi (5 menit)
a.
Dengan berdiskusi peserta didik diminta
mengumpulkan informasi/ data untuk menjawab pertanyaan LK dari berbagai sumber,
seperti : membaca Buku Siswa, serta referensi lain yang relevan, termasuk
internet.
b.
Setiap kelompok membagi kelompoknya
menjadi 2 sub kelompok, subkelompok
tetap tinggal dalam
kelompok untuk menerima tamu, dan subkelompok 2 sebagai
kelompok yang berkunjung ke kelompok lain.
4.
Mengasosiasi (15 menit)
a.
Kelompok yang bertugas berkunjung ke
kelompok lain menerima keterangan tugas kelompok tuan rumah untuk mendiskusikan
pertanyaan kelompok yang dikunjungi serta memberi masukan untuk
penyempurnaannya.
b.
Kelompok yang berkunjung ke kelompok lain
kembali ke kelompok asal untuk mendiskusikan masukan dari anggota subkelompok
yang berkunjung dan menyampaikan hasil diskusi kelompok yang dikunjungi.
c.
Dalam Kegiatan ini peserta didik diminta
mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan (menyempurnakan
jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam kelompok).
d.
Peserta
didik juga diminta
mendiskusikan di dalam
kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang
telah dirumuskan.
5.
Mengomunikasikan (20 menit)
a.
Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan
hasil simpulan dari jawaban atas
pertanyaan yang telah dirumuskan.
b.
Kelompok lain diminta memberi tanggapan
atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
c.
Peserta didik bersama guru mengambil
simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2.
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan
yang disampaikan oleh peserta didik.
3.
Peserta didik diminta melakukan refleksi
terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan
model pembelajaran yang digunakan.
4.
Peserta didik diberi pesan tentang nilai
dan moral.
5.
Peserta
diingatkan untuk menyempurnakan laporan
hasil diskusi kelompok tentang
jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6.
Peserta didik diingatkan untuk membaca
materi pada subbab berikutnya yaitu bentuk-bentuk interaksi sosial dan
mengerjakan aktivitas individu pada buku siswa.
I. Penilaian
1. Penilaian Sikap
Teknik : Observasi
Instrumen : Lembar Observasi (lampiran 2)
Rubrik :-
2.
Penilaian
Pengetahuan :
Teknik : Penugasan Lembar Kerja Peserta DIDIK (LKPD)
Instrumen : Lembar LKPD (lampiran 3)
Kriteria :
assessment for learning
3.
Penilaian
Keterampilan :
Teknik : Penilaian Kinerja (lampiran 5)
Instrumen : Kisi-kisi penilaian
kinerja
Rubrik :
- Rubrik Penskoran Penilaian
Proses (Diskusi)
- Rubrik
Penskoran Penilaian Produk
4. Pembelajaran Remidial
5. Pembelajaran Pengayaan
Garut, 17
November 2016
|
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata Pelajaran,
|
Drs. Agus Hamdani
|
Malik Ibrahim, S.Pd.
|
NIP. 196309301987031008
|
Lampiran 1
BAHAN AJAR
Kompetensi
Dasar (KD):
v KD 3.2 Menganalisis
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya.
v KD 4.2. Menyajikan
hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan
sosial budaya.
Uraian materi:
B.
Interaksi
Sosial
1.
Pengertian
dan Syarat Interaksi Sosial
Salah
satu ciri manusia adalah selalu hidup bersama manusia lainnya. Kehidupan
manusia sejak lahir di dunia sampai akhir hayat dikandung badan, terlibat di
dalam interaksi sosial. Pada saat masih bayi terlibat interaksi terutama dengan
ibu atau pengasuhnya. Setelah besar terlibat interaksi dengan tetangga,
teman-teman sepermainan dan teman-teman sekolah. Setelah dewasa terlibat
interaksi dengan teman-teman seprofesi
dan seterusnya. Sangat sulit menemukan manusia yang menyendiri tanpa melakukan
interaksi dengan manusia lain.
Pada
dasarnya manusia selalu ingin berkumpul dengan manusia lain, selalu ingin bertemu, berbicara atau
ingin melakukan kegiatan-kegiatan lain dengan manusia. Melalui pergaulannya dimasyarakat,
manusia terbentuk sebagai makhluk sosial. Manusia disebut makhluk sosial,
karena ia memiliki gregariuosness yaitu suatu naluri untuk selalu hidup dengan
orang lain. Misalnya saja, nasi yang kita makan sehari – hari merupakan hasil
kerja keras para petani, rumah yang menjadi tempat tinggal kita merupakan hasil
dari kerjasama para pekerja bangunan atau mungkin tetangga kita yang sudah
membantu untuk mendirikan rumah.
Dengan
demikian manusia harus berinteraksi dengan sesama anggota masyarakat. Bertemunya seseorang dengan orang lain atau
kelompok lainnya, kemudian mereka saling berbicara, bekerja sama, dan
seterusnya untuk mencapai tujuan bersama. Kegiatan itu dapat dikatakan sebagai
proses interaksi sosial. Apa sebenarnya interaksi sosial itu? Perhatikan gambar
2.1. berikut ini !
Sumber
: Kemendikbud (2012 dan 2015) Gambar 2.1. Interaksi sosial
Dari
gambar 2.1. dapat disimpulkan interaksi sosial berupa hubungan antara individu
dengan individu, antara individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan
kelompok.
Interaksi
sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok
manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.
Dalam
interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus dilakukan secara timbal balik
oleh kedua belah pihak. Artinya kedua belah pihak harus merespon. Jika yang
satu bertanya maka dia menjawab, jika diminta bantuan dia membantu, jika diajak
bermain dia ikut main. Dengan demikian interaksi sosial adalah hubungan yang
terjadi antara manusia dengan manusia yang lain, baik secara individu maupun
dengan kelompok.
Manusia
melakukan interaksi sosial dalam kehidupannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan
pokok (sandang, pangan, dan papan), kebutuhan dan ketertiban, kebutuhan akan
pendidikan dan kesehatan, kebutuhan kebutuhan akan kasih sayang.saling
Proses
interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi
melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial dan komunikasi sosial
merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. Tanpa adanya kedua syarat itu,
interaksi sosial tidak akan terjadi. Melalui kontak dan komunikasi seseorang
akan memberikan tafsiran pada perilaku orang lain, atau perasaan-perasaan yang
ingin disampaikan kepada orang lain.
Berlangsungnya
suatu proses interaksi sosial didasarkan pada beberapa faktor, antara lain :
a. Faktor
imitasi merupakan proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok.
Contohnya, seorang anak perempuan bermain masak-masakan karena melihat ibunya
pada saat memasak di dapur.
b. Faktor
sugesti merupakan pengaruh yang dapat menggerakan hati orang. Contohnya,
seorang pasien yang akan berobat ke
seorang dokter, pasien tersebut akan cepat mengalami penyembuhan salah satunya
disebabkan adanya rasa sugesti pada
dokter tersebut.
c. Faktor identifikasi merupakan
kecenderungan-kecenderungan
atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan
orang lain. Contohnya, seorang anak yang mengidolakan pemain bola, sehingga
semua tingkah laku idolanya akan dilakukan.
d. Faktor
simpati merupakan kemampuan untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan
orang lain dan ikut merasakan apa yang dilakukan, dialami, atau diderita orang
lain. Contohnya, pada saat ada tetangga kita yang tertimpa musibah, maka kita
ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya.
Faktor-faktor tersebut
dapat bergerak sendiri-sendiri, secara
terpisah maupun dalam keadaan tergabung.
Proses
interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi
melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial ini dapat berarti
hubungan masing-masing pihak tidak hanya secara langsung bersentuhan secara
fisik, tetapi bisa juga tanpa hubungan secara fisik. Misalnya, kontak dapat
dilakukan melalui surat-menyurat, telepon, sms, dan lain-lain. Dengan demikian hubungan
fisik bukan syarat utama
terjadinya interaksi sosial. Komunikasi merupakan proses
penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara
langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberi tanggapan atau
memberi respons.
Kontak
sosial dan komunikasi sosial merupakan syarat terjadinya interaksi sosial.
Tanpa adanya kedua syarat itu, interaksi sosial tidak akan terjadi. Melalui
kontak dan komunikasi seseorang akan memberikan tafsiran pada perilaku orang
lain atau perasaan-perasaan yang ingin disampaikan kepada orang lain.
Kontak
dan komunikasi menjadi syarat yang penting bagi terwujudnya interaksi sosial,
misalnya kita ketemu dengan orang Inggris lalu berjabat tangan. Orang Inggris
berbicara dengan bahasa Inggris dan kita bicara dengan bahasa Indonesia. Untuk
itu agar terjadi kontak dan komunikasi yang baik, kita harus mampu menyesuaikan
diri dengan lingkungan sekitar. Itu sangat penting bagi terjadinya interaksi
sosial.
Tidak
semua tindakan manusia merupakan interaksi sosial. Tindakan yang bagaimana yang
dapat dikatakan sebagai interaksi sosial? Suatu tindakan manusia dikatakan
sebagai interaksi sosial apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
2. Jumlah
pelakunya lebih dari seorang, biasanya dua atau lebih.
3. Berlangsung
secara timbal balik.
4. Adanya
komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang disepakati.
5. Adanya
suatu tujuan tertentu.
Berlangsungnya
interaksi sosial di dalam masyarakat terdapat aturan yang mengatur perilaku
manusia dalam berinteraksi. Aturan apa
sajakah yang menuntun perilaku
manusia pada saat mereka berinteraksi ? Ada tiga jenis aturan, yaitu aturan
mengenai ruang, mengenai waktu, dan mengenai gerak dan sikap tubuh.
Aturan
mengenai ruang, di mana terjadinya interaksi sosial tersebut. Misalnya,
interaksi yang terjadi di rumah antara orang tua dengan anak, anak dengan anak.
Interaksi di sekolah antara teman dengan teman, siswa dengan kepala sekolah,
guru, dan karyawan. Interaksi di masyarakat antara teman sebaya dan dengan
orang yang lebih tua. Aturan mengenai waktu, aturan mengenai kapan interaksi
sosial itu terjadi. Misalnya, interaksi sosial dulu dan sekarang. Aturan
mengenai gerak dan sikap tubuh, dalam interaksi sosial orang lain membaca
perilaku kita, selain kata-kata kita, karena dalam interaksi tidak hanya
memperhatikan apa yang dikatakan orang lain tetapi juga apa yang dilakukannya.
Dengan menggunakan gerak dan sikap tubuh seperti, memicingkan mata, mengangkat
bahu, menganggukkan kepala, mengacungkan ibu jari, mengangkat bahu, dan sebagainya.
Lampiran
2
INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP
(LEMBAR OBSERVASI)
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : SMPN 1 CIKELET
Kelas/Semester : VII/2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Guru :
MALIK IBRAHIM, S.Pd.
No.
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
12/07/15
|
A......
|
Menolong
orang lanjut usia untuk menyeberang jalan di depan sekolah.
|
Kepedulian
|
Apresiasi
|
2.
|
26/08/15
|
B.......
|
Berbohong
ketika ditanya alasan tidak masuk sekolah di ruang guru.
|
Kejujuran
|
Teguran
|
3.
|
25/09/15
|
C.....
|
Menyerahkan
dompet yang ditemukannya di halaman sekolah kepada Satpam sekolah.
|
Kejujuran
|
Apresiasi
|
4.
|
07/09/15
|
D......
|
Tidak menyerahkan surat ijin
tidak masuk dari orang tuanya kepada guru
|
Tanggung jawab
|
Teguran
|
5.
|
25/10/15
|
E.....
|
Terlambat mengikuti upacara
di sekolah.
|
Kedisiplinan
|
Teguran
|
6.
|
15/12/15
|
F.....
|
Mempengaruhi
teman untuk tidak masuk sekolah.
|
Kedisiplinan
|
Teguran
|
7.
|
08/12/15
|
G.....
|
Memungut
sampah yang berserakan di halam sekolah.
|
Kebersihan
|
Apresiasi
|
17/12/15
|
H.....
|
Mengkoordinir teman-teman sekelasnya
mengumpulkan bantuan untuk korban bencana alam.
|
Kepedulian
|
Apresiasi
|
Lampiran 3
LEMBAR
KERJA PESERTA
DIDIK
(LKPD)
KD 3.2
A.
Tujuan
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan,
peserta
didik
diharapkan
dapat :
1.
menjelaskan pengertian interaksi
sosial dengan tepat
2.
menyebutkan 2 syarat interaksi
sosial dengan tepat
3.
menyebutkan 4 faktor terjadinya
proses interaksi sosial dengan tepat
4.
menyebutkan 4 ciri-ciri interaksi
sosial dengan tepat
B. Sumber, Alat dan Bahan
·
Buku
siswa kurikulum 2013 revisi 2016
·
Browsing
di internet
·
Pertanyaan
yang semuanya mencakup tujuan pembelajaran
C. Cara Kerja
1.
Bentuk kelompok 5-6 kelompok
2.
Jawablah bahan diskusi berikut bersama
kelompok masing-masing!
3.
Setiap kelompok membagi kelompoknya
menjadi 2 sub kelompok, subkelompok
tetap tinggal dalam
kelompok untuk menerima tamu, dan subkelompok 2 sebagai
kelompok yang berkunjung ke kelompok lain.
D. Bahan Diskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini
dengan jawaban yang tepat!
1.
jelaskan pengertian interaksi sosial!
2.
sebutkan 2
syarat interaksi sosial!
3.
sebutkan 4
faktor terjadinya proses interaksi social!
4.
sebutkan 4
ciri-ciri interaksi sosial!
5.
sebutkan
3 jenis aturan interaksi sosial!
Lampiran 4
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI PENULISAN BUTIR SOAL
Nama Sekolah : SMPN 1 CIKELET
Kelas/Semester :
VII/1
Tahun Pelajaran :
2015/2016
Mata
Pelajaran : IPS
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi/
Sub
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
1
|
3.2 Menganalisis interaksi sosial dalam ruang
dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai
dan norma, serta kelembagaan sosial budaya.
|
· Interaksi Sosial Dan
Lembaga Sosial
|
1.
menjelaskan pengertian interaksi sosial
2.
menyebutkan 2 syarat interaksi sosial
3.
menyebutkan 4 faktor terjadinya proses interaksi
sosial
4.
menyebutkan 4 ciri-ciri interaksi sosial
5. menyebutkan
3 jenis aturan interaksi sosial
|
Uraian
|
5
|
Rumusan
Butir Soal:
1.
Kriteria Penilaian
v Uraian : skor maksimal 100
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Interaksi sosial adalah
hubungan-hubungan antara orang perorangan,
antara kelompok manusia,
maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.
|
10
|
2
|
Proses interaksi sosial akan
terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan:
1. kontak
sosial dan,
2.
komunikasi.
|
20
|
3
|
Berlangsungnya suatu proses interaksi sosial
didasarkan pada beberapa faktor, antara lain :
a. Faktor imitasi
b. Faktor sugesti
c. Faktor
identifikasi
d. Faktor simpati
|
40
|
4
|
1.
Jumlah pelakunya lebih dari seorang,
biasanya dua atau lebih.
2.
Berlangsung secara timbal balik.
3. Adanya
komunikasi antar pelaku dengan menggunakan symbol-simbol yang disepakati.
4. Adanya
suatu tujuan tertentu.
|
40
|
5
|
Ada tiga jenis aturan, yaitu aturan:
1.
mengenai ruang
2.
mengenai waktu, dan
3.
mengenai gerak dan sikap tubuh.
|
30
|
Jumlah Skor
|
140
|
v
Pedoman
Penskoran Tugas
Lampiran 5
INSTRUMEN PENILAIAN
KETERAMPILAN
KISI-KISI
PENILAIAN KINERJA
Nama Sekolah : SMPN 1 CIKELET
Kelas/ Semester : VII/ I
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran : IPS
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
1.
|
Menyajikan hasil analisis tentang
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
|
· Interaksi Sosial Dan
Lembaga Sosial
|
1. menjelaskan
pengertian interaksi sosial
2. menyebutkan
2 syarat interaksi sosial
3. menyebutkan
4 faktor terjadinya proses interaksi sosial
4. menyebutkan
4 ciri-ciri interaksi sosial
5. menyebutkan
3 jenis aturan interaksi sosial
|
Penugasan LKPD
|
A.
RUBRIK
PENSKORAN PENILAIAN PROSES (DISKUSI)
No
|
Nama Siswa
|
Mengkomunikasikan
(1-4)
|
Mendengarkan
(1-4)
|
Berargumentasi
(1-4)
|
Berkontribusi
(1-4)
|
Jumlah
Nilai
|
1
|
Saepul Rohman
|
3
|
3
|
4
|
4
|
14
|
2
|
Dea Garsela
|
4
|
4
|
3
|
4
|
15
|
3
|
Selly Hasanah
|
3
|
3
|
3
|
2
|
11
|
4
|
Iis Rosita
|
4
|
3
|
4
|
3
|
14
|
5
|
Sherly Juliandini
|
4
|
4
|
4
|
3
|
15
|
Keterangan:
- Nilai terentang antara 1-4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Amat
Baik
- Nilai = Jumlah Nilai dibagi 3
Skor
Maksimal tiap siswa 4 X 4 = 16
- RUBRIK PENSKORAN PENILAIAN PRODUK
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aspek
Perencanaan
|
||||
Persiapan
|
|||||
Perumusan
Judul
|
|||||
Kelengkapan
bahan alat
|
|||||
2.
|
Aspek
Kegiatan Kinerja
|
||||
Sistematika
dalam melaksanakan kegiatan
|
|||||
Keakuratan
Informasi
|
|||||
Kuantitas
Sumber Data
|
|||||
Analisis
Data
|
|||||
.
|
Penarikan
Kesimpulan
|
||||
3
|
Aspek
Pelaporan
|
||||
Performance
|
|||||
Penguasaan
Materi
|
|||||
Keterpaduan
|
|||||
Kelengkapan
Laporan
|
|||||
Penggunaan
Referensi
|
|||||
Jumlah
|
|||||
Skor Maksimal
|
Keterangan:
- Nilai terentang antara 1-4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Amat
Baik
- Nilai = Jumlah Nilai dibagi 3
Skor
Maksimal tiap siswa 13 X 4 = 52
5 komentar
makasih ya pak smoga ilmu yang diberikan bermanfaat bagi saya dan menjadi ladang amal bagi bapak
Trims pak, sangat membantu dalam membuat rpp
terima kasih, ijin unduh pak, semoga bapak makin sukses
Makasih pak untuk waktu berbagi ilmu, semakin sukses ya
Bisa didowload
EmoticonEmoticon