Thursday, 11 February 2016

RPP UJIAN PPL UNTUK MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XI (SEBELAS) MATERI SK. 3 KD. 3.1 SEMESTER 1

selamat malam para pencinta ilmu biologi, malam ini saya mau memposting contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk ujian PPL, terkadang dalam pembuatan RPP sering memiliki kendala dalam pembagian sub materi pokok untuk satu pertemuan, penulis disini mau berbagi ilmu mudah mudahan bisa bermanfaat, salam ujung pena buat para calon pejuang pecentak generasi muda yang lebih hebat,,,,, hehe maaf tulisannya agak berantakan,,,


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 3.1

Nama Sekolah            : SMAN 6 GARUT
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester           : XI/1
Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan  hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling temas.
Kompetensi Dasar     : 3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
I.                   Indikator
·         Menyebutkan hubungan antar tulang.
·         Memberikan contoh dari salah satu persendian
II.                Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu menjelaskan 3 macam hubungan antartulang.
·         Siswa mampu memberikan contoh lokasi pada persendian.
·         Siswa mampu mengindentifikasi tipe-tipe persendian (sinartrosis, ampiartrosis dan diartrosis).
III.             Materi Pembelajaran
   A. Persendian
Rangka kita tersusun atas banyak tulang. Tulang satu dengan yang lainnya saling berhubungan. Hubungan antartulang ada yang dapat digerakkan dan ada pula yang tidak dapat digerakkan. Hubungan antartulang ini disebut persendian (artikulasi).
Tanpa persendian, bagian tubuh kalian kemungkinan besar tidak bisa digerakkan, kecuali lidah dan alis saja. Tidak salah bila tubuh kita memiliki lebih dari 150 persendian. Persendian terbesar terdapat pada pinggul dan lutut, sedangkan yang terkecil berada pada jari tangan, jari kaki, dan di antara tulang yang sangat kecil di dalam telinga.
Pada sebuah persendian, tulang-tulang akan saling bertemu. Masing-masing ujungnya dilapisi dengan bagian yang halus, berkilau, licin, dan sedikit lentur. Bagian yang dimaksud adalah tulang rawan. Pada ujungnya terlumuri dengan cairan kental yang disebut cairan sinovial. Fungsi cairan ini seperti oli mobil yang dapat melancarkan gerak, mengurangi gesekan, dan kerusakan antara tulang rawan.
Pada suatu persendian, tulang disatukan oleh bagian yang menyerupai kantung, yang disebut ligament dengan fungsi seperti tali pengikat yang lentur dan kuat, serta berbentuk kapsul. Ligamen bisa membuat tulang bergerak, namun menahannya sehingga tidak terpisah atau bergerak terlalu jauh. Untuk mengetahui bagian-bagian sebuah persendian,
Dalam beberapa persendian, ada tulang rawan yang menutupi ujung-ujung tulang dan terdapat pula bantalan tulang rawan di antara tulang tersebut. Bantalan ini dinamakan cakram artikular.  Kemudian, ada satu cakram di setiap persendian pada tulang punggung, dan antara tulang punggung, yang disebut vertebra. Dua tulang rawan tambahan ini disebut meniskus. Adanya meniskus membantu lutut terkunci, sehingga kalian dapat berdiri tanpa kesusahan. Berdasarkan besar kecilnya gerakan yang terjadi, tipe persendian dibedakan menjadi tiga macam, yakni sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis.
  1. Sinartrosis
Adalah tipe persendian sinartrosis memungkinkan tulang tidak mengalami gerakan. Ini terjadi karena, kedua ujung tulang dihubungkan oleh jaringan ikat. Persendian ini dibedakan menjadi dua yaitu sinartrosis sinkondrosis dan sinartrosis sinfibrosis. Sinartrosis sinkondrosis merupakan sinartrosis yang tulangnya dihubungkan oleh tulang rawan (kartilago). Sebagai contoh, hubungan antara ruas-ruas tulang belakang, kemudian juga hubungan  antara tulang rusuk dengan tulang dada.
Sementara pada sinatrosis sinfibrosis, antara tulang satu dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat serabut (fibrosa). Misalnya, hubungan antara sendi tulang tengkorak. Hubungan antar tulang tengkorak ini disebut sutura. Perhatikan Gambar



  1. Amfiartrosis

    Amfiartrosis merupakan bentuk persendian yang dihubungkan oleh jaringan kartilago (tulang rawan), sehingga ada kemungkinan terjadi sedikit gerakan. Contohnya, hubungan antara ruas-ruas tulang belakang dengan tulang rusuk, dan juga hubungan antar ruas tulang belakang.


  1. Diartrosis
Diartosis merupakan persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan yang sangat bebas. Sebab, hubungan antara tulangnya tidak dihubungkan oleh jaringan. Diartrosis lazim disebut persendian yang seringkali kita dengar. Oleh karena itu, di dalamnya terdapat ligamen, kapsul, cairan sinovial, membran sinovial, dan tulang rawan seperti tersebut sebelumnya.
Sementara itu, sesuai arah pergerakan, persendian dikelompokkan menjadi beberapa sendi, meliputi sendi peluru, sendi putar, sendi luncur, sendi pelana, sendi engsel, dan sendi kondiloid. Perhatikan Gambar
a.      Sendi peluru, berporos tiga, gerakannya ke segala arah, terdapat pada gelang bahu dan gelang panggul.
b.      Sendi putar, berporos satu, gerakan memuta/rotasi. Contoh: antara tulang hasta dan pengumpil.
c.      Sendi kaku, kedua ujung tulang agak rata, tidak berporos. Contoh: hubungan antara tulang tarsal (tulang pergelangan mata kaki).
d.      Sendi pelana, berporos dua, gerakan seperti orang naik kuda. Contoh: tulang ibu jari serta tulang antara metakarpal dan karpal (telapak tangan).
e.      Sendi engsel, berporos satu, gerakan searah. Contoh: siku, lutut, ruas antar jari, dan mata kaki.
Sendi gulung (ovoid), berporos dua, bergerak seolah-olah dapat mengitari gerak tulang lain. Contoh: tulang telapak tangan dan tulang pengumpil.

IV.              Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual

Model Pembelajaran
Picture and Picture (gambar dan gambar)
1.      Pertemuan pertama
SEKENARIO PEMBELAJARA (LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN)
Tahap pembelajaran
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Alokasi waktu
Nilai karakteristik
Pertemuan ke-1 Tatap muka kegiatan awal 10 menit
Absensi
*Apersepsi
·         Memotivasi siswa dengan menunjukkan gambar rangka.  Kemudian guru mengajukan pertanyaan masih ingatkah dengan fungsi tulang?





§  Melanjutkan pertanyaan bentuk-bentuk tulang ada apa saja?














§  Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu Hubungan antartulang’


§  Siswa diharapkan antusias menjawab menjawab pertanyaan guru, siswa menjawab ‘(masih, tulang rawan dengan tulang keras ’)

§  Siswa diharapkan antusias menjawab pertanyaan guru, siswa menjawab tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, tulang tak beraturan dan tulang sesamoid.

§  Menulis topik yang akan dipelajari
10 menit


Rasa ingin tahu











Rasa ingin tahu















Bekerja keras, kreatif
Kegiatan inti
*Eksplorasi
§  Mengeksplorasi pengetahuan awal siswa melalui pertanyaan ‘tulang mempunyai hubungan dengan tulang yang lain, hubungan antar tulang di sebut juga?




*Elaborasi
§  Menjelaskan hubungan antar tulang.


§  Memperlihatkan tipe-tipe persendian melalui media.
§  Membagikan LKS untuk dikerjakan siswa.





§  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan sebagian gambar.
§  Melakukan Tanya jawab


§  Melakukan penguatan

*Konfirmasi
§  Membimbing peserta didik memperjelas materi yang telah di sampaikan

§  Membimbing peserta didik menyusun kesimpulan.


§  Siswa diharapkan antusias menjawab pertanyaan guru (harapan guru, siswa menjawab Persendian (Artikulasi)



§  Memperhatikan apa yang dijelaskan dengan (sikap yang baik)
§  Menunjukan tipe-tipe persendian.
§  Membahas / berdiskusi menyelesaikan materi LKS ‘dengan bertanggung jawab’

§  Siswa menjelaskan gambar.


§  Ikut betanya ataupun menjawab pertnyaan.
§  Mencatat penguatan dari guru.

§  Mencatat materi yang diterima dari guru.

§  Mencatat kesimpulan

25 menit


Rasa ingin tahu










Menghargai, disiplin



Mandiri


Rasa ingin tahu






Bekerja keras, kreatif



Rasa ingin tahu,
kreatif
Mandiri
kreatif


Mandiri
Kreatif




Mandiri
kreatif

Kegiatan akhir
Tugas Terstruktur (TT)
§  Guru mengingatkan siswa untuk mengulang pelajaran pada pertemuan ini di rumah dan membaca materi pertemuan berikutnya.

§  Siswa merespon tugas-tugas yang di berikan guru


10 Menit

Kerjakeras, mandiri.






V.                Media Pembelajaran
Ø  Sumber
-          Jati Wijaya. 2007. Aktif Biologi. Jakarta: Ganeca Exact.
-          Kirana Candra. 2012. Biologi SMA/MA kelas XI. Jawa Tengah:Viva Pakarindo.
-          Maniam MBS, Yusa. 2006. Advanced Learning Biologi 2A untuk SMA kelas XI. Bandung: Grafindo Media Pratama.
-          Pratiwi, D.A, dkk. 2006. Biologi untuk SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Ø  Alat
-          Lembar Kerja Siswa (LKS).
-          Power point mengenai persendian.

VI.             Penilaian
Ø  Lembar kerja siswa (LKS) terlampir.
Ø  Tes tulis (Evaluasi RPP) terlampir.      





Mengetahui,
Guru Pamong


Dra. Oom Romlah
NIP. 19570930 198903 2 001
Garut, 9 November 2012
Guru PPL


Malik Ibrahim
NIM. 09542014

Lampiran
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
KD 3.1

Persendian


Hubungan antartulang ada yang dapat digerakkan dan ada pula yang tidak dapat digerakkan. Berdasarkan besar kecilnya gerakan yang terjadi, tipe persendian dibedakan menjadi tiga macam, yakni Sinartrosis, Amfiartrosis, Diartrosis.

A.    Tujuan
·         Siswa mampu menjelaskan hubungan antartulang.
·         Siswa mampu mengindentifikasi tipe-tipe persendian.
B.     Alat dan Bahan
·         Gambar/charta tipe-tipe persendian
C.    Cara Kerja
1.      Amati gambar/charta diatas!
2.      Jawablah bahan diskusi berikut!

  
D.    Bahan Diskusi
Lengkapilah table berikut ini dengan jawaban yang tepat!
No
Gambar Sendi
Nama Sendi
Lokasi
1.








2.











Sendi peluru

3.










Evaluasi
1.      Apa yang dimaksud dengan artikulasi?
2.      Sebutkan tiga macam tipe persendian!
3.      Sendi yang terdapat pada gelang bahu dan gelang panggul adalah sendi….
4.      Sebutkan 2 letak persendian amfiartrosis!

Jawaban LKS 3.1

No
Gambar Sendi
Nama Sendi
Lokasi
Skor
1.


Sinartrosis sinfibrosis
Tulang tengkorak
2
2.

Sendi peluru
Tulang gelang bahu dan gelang panggul
6
3.


Sendi pelana
Tulang ibu jari serta tulang antara meta karmal dan karpal (telapak tangan)
2
Jumlah total skor
10






Jawaban
Evaluasi
No
Jawaban
Skor
1
Hubungan antartulang
1
2
1.      Sinartrosis
1
2.      Amfiartrosis
1
3.      Diartrosis  
1
3
Sendi peluru
1
4
1)      Hubungan antara ruas tulang belakang dengan tulang rusuk.
2
2)      Hubungan antara ruas tulang belakang.
2
Jumlah Skor
10




























LEMBAR PENGESAHAN




Praktikan
PPL STKIP Garut 2012





Malik Ibrahim
NIM. 09542014

Diajukan tanggal 9 November 2012
Disetujui oleh:



Dosen Pembimbing
Guru Pamong


De Budi Irawan Taofik, M.Pd.
Dra. Oom Romlah
NIDN. 0406036904
NIP. 19570930 198903 2 001




Mengetahui,
Kepala SMAN 6 Garut






H. U. Saepulloh, M.Pd.
NIP. 19560419 198101 1 001




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Diajukan sebagai syarat untuk mengikuti ujian PPL STKIP Garut Jurusan Pendidikan Biologi di SMA Negeri 6 Garut





Oleh:
Malik Ibrahim
09542014








JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP (GARUT)

2012


EmoticonEmoticon