Thursday 11 February 2016

SAINS DAN TEKNOLOGI
Kegunaan IPTEK bagai manusia sangat tergantung dari nilai, moral, norma dan hukum yang mendasarinya. IPTEK tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEK mencerminkan keterbelakangan.
Pengertian Sains
            Sains adalah ilmu pengetahuan yang teratur yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan realita.
Teknologi
            Teknologi adalah keterampilan manusia menggunakan sumbera daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan.
Makna sain, teknologi dan seni bagi manusia
  Perekembangan Teknologi
o   Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, kita dapat memperoleh hasil.
  Iptek dan nilai
  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak cepat, sehingga perlu ditangapi dan dipersiapkan dalam menghadapi sesuai kebutuhan bangunan. Teknologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
  Manusia sebagai subjek dan objek iptek
Makna IPTEK
  Perkembangan teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat
  Sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemajuan teknologi digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia
Nilai IPTEK
  Iptek dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan
  Perkembangan iptek harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut suatu masyarakat
Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya dapat  dibagi sebagai berikut:
 Teknologi Tinggi
  Suatu teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru
  Contoh: computer, laser, bioteknologi dll
  Ciri-ciri teknologi ini adalah padat modal, didukung rasilitas riset dan pengembangannya, biaya perawatan tinggi, keterampilan operatormya tinggi dan masyarakat penggunaanya ilmiah
 Teknologi Madya
  Suatu jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat yang lebih       sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan.
  Cirinya dalaha tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan tidak memerlukan pengetahuan baru, karena telah bersifat rutin
  Penerapannya bersifat setengah pada modal dan padat karya, unsur-unsur yang mendukung industrinya bisasnya dapat diperoleh di dalam negeri dan keterampilan pekerjaannya tidak terlalu tinggi.
 Teknologi tepat guna
  Teknologi ini dicirikan dengan skala modal kecil, peralatan yang digunakan sederhanan dan pelaksanaanya bersifat paday karya. Biasanya dilakukan di negara-negara berkembang, karena dapat membantu perekonomian pedesaan, mengurangi urbanisasi dan menciptakan tradisi teknologi dari tingkat paling sederhana
Dampak penyalahgunan IPTEK bagi kehidupan
1.      Nuklir
2.      Polusi udara, tanah, air, suara, sosbud
3.      Efek rumah kaca
4.      Kloning/klonasi
Faktor penghambat manusia untuk maju
  Disiplin yang rendah
  Daya juang yang rendah
  Tidak jujur
  Bahasa
  Tidak adanya penghargaan
Dampak negatif atas penyalahgunaan IPTEK
            Kemajuam ilmu pengetahuan adan teknologi di satu sisis dapat membantu atau mempermudah kinerja manusia dalam menjalankan usaha atau kreativitas dan aktivitas, akan tetapi disisi lain dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan dan teknologi dapat menghancurkan moral atau akhlak manusia, karena manusia tidak bisa mengambil nilai manfaat dari teknologi yang digunakan atau manusia menyalahgunakan ilmu pengetahuan dan teknologi itu untuk kepentingan “hasrat” sesaat.
Beberapa dampak negatif yang telah muncul antara lain dalam bidang:
1.        Informatika
2.        Persenjataan
3.        Biologi
4.        Medis
5.        Lingkungan hidup
Pengaruh perkembagan IPTEK terhadap pola kemasyarakatan alensai
  Alineasi adalah suatu kondisi psikologis seseorang individu yang dinafasi oleh kesadaran semu, keberadaan dan dirinya sendiri sebagai individu serta komunikasi
  Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan cenderung meniru budaya barat bisa jadi menciptakan sebuah alinasi budaya. Orang asing merasa asing dengan budayanya sendiri. Kaum muda tidak lagi at home dengan kebudayaan yang telah memebentuk identitas sosialnya.
  Kemajuan-kemajuan memungkinkan banyaknya pilihan (multiple options) dan bembuka kesempatan tumbuhnya metearismedan rasionalisme dengan luar biasa. tuntunan hidup begitu tinggikemakmuran yang dicapai tidak terkendali, gaya hidup menjadi konsumtif dan hedonisistik. Manusia pribadi yang menjadi begitu sibuk untuk mempertahankan hidup menyuburkan sosok individualistik. Kaya dan sukses dari segi materi jadi satu-satunya tujuan hidup. Perkembangan teknologi yang melanda hidup manusia harus dikuasai pemanfaatannya. Jagan sampai perkemangan media menjadikan manusia sebagai objek, menyeret dan memaksakannya pada model kehidupan yang menyimpang.


EmoticonEmoticon