Tuesday 21 June 2011

MODERNISASI, GLOBALISASI DAN UNIVERSALISME

Pada dasarnya setiap masyarakat menginginkan perubahan dari keadaan tertentu kearah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan yang lebih maju dan makmur. Keinginan akan adanya perubahan itu adalah awal dari suatu proses modernisasi. Modernisasi merupakan proses mengangkat kehidupan. Suasana batin yang lebih baik dan maju daripada kehidupan sebelumnya suasana kehidupan yang serasi dengan kemajuan zaman.

Dalam kehidupan modern tercermin:

  • §  Alam fikiran rasional
  • §  Ekonomis
  • §  Efektif
  • §  Efisien

§  Menuju kehidupan yang makin produktif.

BEBERAPA PENGERTIAAN MODERENISASI DARI BEBERAPA PAKAR.

Menurut Wilbert E More

Moderenisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial kea rah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi cirri negara barat yang stabil

Moderenisasi merupakan proses mengangkat kehidupan, suasana batin yang lebih baik dan maju daripada kehidupan sebelumnya suasana kehidupan yangserasi dengan kemajuan zaman.

 Sedangkan untuk pengertian Globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkati, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas begara. Peningkatan interaksi melalui perkembangkan media massa (terutama televisi, film, musik,dan transmisi berita dan olahraga internasional). Saat ini kita dapat mengkonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beranekaragam budaya. Misalnya dalam bidang fashion literatur dan makanan.


EmoticonEmoticon