Friday 22 April 2011

"cinta, sayang, kasih kemesraan, pemujaan yang terselimuti nilai, norma dan agama bisa membawa pada kehidupan manusia yang homohumanus adem nih dunia

"cinta, sayang, kasih kemesraan, pemujaan yang terselimuti nilai, norma dan agama bisa membawa pada kehidupan manusia yang homohumanus adem nih dunia ..... tp kenyataan terjadi .... mengapa ada dehumanisasi (ibu dalang pembunuhan anak, kekasih membunuh sang kekasih .......... mengapa oh...mengapa semua ini terjadi....... jelaskan...... jelaskan......"
Jikalau kita lihat dari penjelasan diatas.. memang benar  sekali. Bahwa kalau semua manusia memiliki semua aspek dari cinta kasih maka akan menjadikan manusia yang homohomanus… tapi disisilain manusia pun memiliki nafsu….  Dan nafsu ini terkadang bias di kendalikan terkdang  juga tidak. Supaya kita biasa memahami kenapa ada dehumanisasi (ibu dalang pembunuhan anak, kekasih membunuh sang kekasih)
Mari kita lihat dari segi perbedaanya sebagai berikut:
CINTA BERSIFAT:
- MANUSIAWI, TUMBUH DAN BERKEMBANG
- BERSIFAT ROHANIAH (DORONGANNYA HALUS)
NAFSU BERSIFAT:
-    JASMANIAH
-    CENDERUNG MEMUASKAN DORONGAN SEXSUAL
-    DORONGAN DILAKUKAN SECARA PAKSAAN
Mengapa sampai terjadi dehumanisasi (pengurangan arti nilai kemanusiaan)???
Yaitu karena, selimut cinta agama, norma moral dan nilai terlepas. Yang mengakibatkan ke tidak seimbangan antara cinta dan kasih.. dan akhirnya nafsulah yang akan membutakan cinta . akibatnya hilangnya rasa tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, pengertian dan saling terbuka.
Tapi yang terjadi di masa globalisasi ini sungguh tragis, cinta dan nafsu sulit dibedakan. Akibatnya terjadi dehumanisasi yang sangat parah. Mengapa semua ini terjadi? karena manusia yang menjalani percintaan terhadap apapun itu sudah melepaskan selimut - selimut cinta, dan lebih merasakan nafsu yang tidak akan pernah puas. Cinta akan kembali mewujudkan homohumanus, dengan jalan setiap orang yang akan mengenal dan berperan dalam sebuah percintaan harus selalu diselimuti agama, norma, moral dan nilai.


EmoticonEmoticon